Dalam rangka pembuatan Profil Nasional Kelompok dan Motivator KB Pria Direktorat Pelayanan KB BKKBN Pusat  dan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur berkunjung ke Kabupaten Bojonegoro, bertempat di Balai Desa Ngrandu Kecamatan Kedungadem  senin 28-9-2015 mengadakan wawancara kepada ketua kelompok KB Pria Sejahtera Desa Ngrandu Kecamatan Kedungadem. Didampingi H.Muslih S.Sos. MM , Siti Uri Faturhosiyah.SH (BPPKB), Dra.Ratih R Raharja Ka.UPTB PP dan KB  dan Penyuluh KB yang ada di Kec Kedungadem Bapak Suparno selaku Ketua Kelompok KB Pria Sejahtera menjelaskan secara gamblang bagaimana awal mula mengikuti KB Pria (MOP) Desa Ngrandu Kec.Kedungadem. Berawal dari beratnya menanggung beban dalam mencukupi kebutuhan hidup keluarganya, maka secara sukarela pak Parno yang berputra 3 dengan persetujuan istri tercinta tahun 1995 memberanikan diri mengikuti Program Vasektomi(MOP) dan mendirikan kelompok KB Pria yang diberi nama Sejahtera sampai sekarang mempunyai anggota sejumlah 26 Akseptor MOP . Kelompok KB Pria Sejahtera saat ini menjadi kelompok tempat rujukan bagi calon Akseptor MOP di Kec,Kedungadem dan sekitarnya, Dalam kesempatan ini Bpk Suparno juga menyampaikan suka dukanaya dalam mengelola kelompok dan kiat-kiat mengajak orang agar mau mengikuti Program KB Pria /Vasektomi(MOP).

                Dalam kesempatan yang sama Pak Samsi selaku motivator KB Pria diwilayah kecamatan Kedungadem dan Sumberejo juga menyampaikan suka dukanya dalam mengajak orang agar mau ikut KB Pria/Vasektomi. Dengan berbekal Ikhlas dan semangat pantang menyerah pria yang menjadi kader KB sejak tahun 70 an ini mengatakan, sesuatu pekerjaan yang sulit bukan berarti pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan , ini dibuktikan sejak program MOP diluncurkan sampai dengan saat ini telah berhasil mengajak 17 calon Akseptor untuk mengikuti jejak dirinya menjadi peserta KB MOP demikian katanya sambil menerawang mengingat-ingat awal mula ada program KB MOP/Vasektomi.

                Dra.Ratih R Raharja, MM selaku Kepala UPT Badan PP dan KB kecamatan Kedungadem mengatakan,  dikecamatan Kedungadem total ada 106 Akseptor Aktif KB MOP/Vasektomi , desa terbanyak peserta KB MOP adalah desa Ngrandu dengan jumlah 26 akseptor KB MOP, kalau masing-masing desa diKecamatan Kedungadem ada kader motivator KB Pria  seperti pak Samsi maka dapat meningkatkan jangkauan KIE terhadap calon peserta KB pria didesa yang lain, sehingga akan mempercepat pencapaian KB Mantap bagi pria di kecamatan Kedungadem.

Dalam kesan dan pesanya Tim dari BKKBN Pusat mengatakan sangat bangga dengan keberadaan kelompok dan motivator KB Pria di desa Ngrandu Kec.Kedungadem, yang mana kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari semua pihak/mitra terkait yaitu jajaran pemerintah Desa Ngrandu. Kecamatan Kedungadem sampai Kabupaten Bojonegoro, Sementara itu dalam pesanya agar kegiatan ini terus ditingatkan dikecamatan lain melalui peningkatan kepedulian dan peran pria dalam program KB mantap (khususnya MOP) sehingga dapat memberi kontribusi dalam menekan angka kelahiran/TFR(Total Fertility Rate) di Kab.Bojonegoro pada Khususnya serta secara nasional pada umumnya .


By Admin
Dibuat tanggal 01-10-2015
1337 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
63 %
Puas
25 %
Cukup Puas
13 %
Tidak Puas
0 %