Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Bojonegoro © 2014
Belajar Sekolah Siaga Kependudukan MAN 1 Bojonegoro

Kepala MAN 3 Kediri, Slamet Hariyanto beserta rombongan yang terdiri dari Waka Kurikulum, guru kesenian, guru BK dan guru geografi berkunjung ke MAN 1 Bojonegoro. Maksud kedatangan mereka adalah ingin silaturrahim sekaligus melakukan study tiru proses pengelolaan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) pada hari ini, Kamis 26 September 2019. Dalam sambutannya, Slamet Hariyanti mengatakan bahwa MAN 3 Kediri baru saja mendapatkan sosialisasi terkait pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dari OPD KB Kabupaten Kediri. Pihaknya berkeinginan mengembangkan MAN 3 Kediri menjadi SSK yang unggul seperti yang sudah dilakukan oleh MAN 1 Bojonegoro.

Dalam acara tersebut, Drs. Syaifuddin, M.Pd.I selaku Kepala MAN 1 Bojonegoro menyambut baik kedatangan Tim MAN 3 Kediri ke Bojonegoro. Menurutnya kunci keberhasilan dari sebuah inovasi adalah ATM yaitu (Analisis, Tiru dan Modifikasi). Program-program unggulan yang dilaksanakan oleh MAN 1 Model Bojonegoro dalam mendukung keberhasilan Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga diantaranya :

  1. Memasukkan materi Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga kedalam RPP dan kegiatan ekstrakurikuler;
  2. Membentuk Pojok Kependudukan sebagai ruang konseling dan laboratorium kependudukan. Ruang ini sebagai pusat kegiatan kader kependudukan dan semua siswa untuk diskusi dan menambah pengetahuan terkait permasalahan materi Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga;
  3. Menciptakan lagu-lagu bertemakan Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga yang dikemas dalam Album GenRe. Bahkan album tersebut sudah dibuat vidio klip dan diurus hak cipta lagu;
  4. Menciptakan senam dan tari GenRe sebagai media KIE yang atraktif;
  5. Pengelolaan mading bertemakan kependudukan oleh kader-kader kependudukan MAN 1 Bojonegoro;
  6. Pengembangan kelompok karyai lmiah bidang kependudukan;
  7. Pembentukan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R);
  8. Pengembangan blog smart data kependudukan sebagai media online yang bisa diakses oleh siapapun dan dimanapun;

Acara yang dikemas dalam bentuk diskusi dan kunjungan langsung kePojok Kependudukan tersebut berlangsung hikmat. Dra.Nurhayati, MM selaku kasi Pendayagunaan Petugas Lini Lapangan wakil dari Dinas P3AKB Kabupaten menyampaikan bahwa Program KKBPK sangat sesuai jika disampaikan kepada para peserta didik setingkat SMA/MA. Para pelajar harus memahami terkait Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga sejak usia sekolah agar mereka memiliki pengetahuan yang cukup terkait penyiapan kehidupan berkeluarga. Materi - materi KKBPK tidak harus berdiri sendiri, tetapi terintegrasi dan disisipkan kedalam materi pembelajaran yang ada.

Di akhiracara, Kepala MAN 3 Kediri berterima kasih atas sambutan yang diberikanoleh MAN 1 Bojonegoro. Harapannya MAN 3 Kediri dapat menjadi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) yang unggul di JawaTimur. Tetap semangat mencetak generasi unggul yang cerdas dan bermartabat. Lebih baik madrasah, madrasah lebih baik.