Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kenakalan Remaja dan Perilaku Bullying di Lingkungan Madrasah, pada hari Sabtu, 17 September 2022, di MTs Darul Ulum, Pasinan, Kec. Baureno.

Apa sih kenakalan remaja dan perilaku bullying? Kenakalan remaja adalah wujud dari konflik yang tidak terselesaikan dengan baik pada masa kanak-kanak maupun pada saat remaja. Serta Bullying merupakan bentuk perilaku yang agresif atau termasuk perilaku agresi karena dilakukan secara berulang kali sehingga membuat orang lain merasakan ketidaknyamanan. Bullying seringkali terjadi di lingkungan institusi pendidikan seperti di sekolah.

Perilaku bullying yang sering terjadi dikalangan remaja antara lain bullying fisik, bullying verbal, bullying rasional, dan bullying elektronik. Bullying fisik adalah perilaku yang dengan sengaja menyakiti atau melukai fisik orang lain, bullying verbal adalah perilaku yang dilakukan dengan mengucapkan perkataan yang menyakiti atau menghina orang lain, bullying relasional adalah perilaku yang mengucilkan atau mengitimidasi orang lain dalam pergaulan, sedangkan bullying elektronik adalah perilaku yang menyakiti orang lain dengan menggunakan jejaring sosial. Pentingnya siswa-siswi untuk melihat dampak dari kekerasan bullying dan juga penanganan kekerasan oleh guru-guru terhadap siswa-siswi tanpa harus menggunakan kontak fisik.

Dampak bullying di masa remaja dapat membekas seumur hidup, baik bagi korban maupun pelaku bullying itu sendiri, begitu pula pada kaum dewasa yang menunjukkan dampak jangka panjang akibat tindakan bullying.

Ayo cegah kenakalan remaja dan perilaku Bullying di lingkungan Madrasah sekarang juga.

 


By Admin
Dibuat tanggal 20-09-2022
55 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
25 %
Puas
50 %
Cukup Puas
25 %
Tidak Puas
0 %